Minggu, 13 September 2009

Realita dan Fakta tentang Pelayanan di tempat bencana

Semua orang pasti sudah mengetahui, ketika terjadi suatu bencana, tanpa dikomando berbondong2 simpatisan datang untuk membantu. Namun acapkali bantuan yang datang atau diterima oleh korban terlambat untuk diterima, atau kadang kala bantuan yg datang dengan cepat tapi tidak sesuai dengan kebutuhan bagi korban. Seperti contohnya, digudang logistic posko bencana dilapangan, jenis bantuan yang paling banyak kita temui adalah mie instant. Padahal, kadangkala kebutuhan yg utama bagi korban adalah tempat untuk mengungsi misalnya, atau juga buth sekali obat2 atau pakaian, ataujuga kebutuhan lainnya yg benar2 sekali butuh pertolongan dengan segera.

Mengapa demikian????
Kita tidak bisa menyalahkan si pemberi bantuan atau siapapun juga,,, Karena seperti itulah realita yang sebenarnya…..

Lalu apa yang mesti dilakukan???
Jawabannya adalah kita sebagai masyarakat yang terkena bencana atau siapaun juga yang mengetahui kejadian tersebut haruslah melakukan koordinasi dengan pihak2 terkait secara cepat dan tepat mengenai informasi yang terjadi,, berikanlah mereka gambaran tentang situasi dan kondisi dilapangan yang sebenarnya, buatlah beberapa kebutuhan yang benar2 sangat diperlukan agar saat para relawan/pendonor datang, mereka bisa lebih cepat bertindak dan lebih tepat dalam memberikan bantuan.

Dalam managemen TanggapDarurat Bencana, kita sebagai pelaku penanganan bencana telah dibekali berbagai ilmu dan keterampilan untuk melakukan prosedur tanggap darurat bencana. Kunci dari keberhasilannya teretak pada Assesment / penilaian awal yang kita lakukan, karena dari hasil assesment inilah kita bisa membuat dan menentukan rencana operasi yang akan dilaksanakan.

Dibawah ini ada beberapa tips atau suatu informasi yang harus dilakukan oleh warga / aparta pemerintah / siapapun juga yang melihat atau ada suatu bencana didaerahnya agar para penderma/relawan/pemberi bantuan dapat melaksanakan tugasnya dengan CEPAT dan TEPAT.

Informasi yang harus diberikan adalah:
- jenis bencana yang terjadi
- penyebab terjadi bencana
- waktu kejadian bencana (tanggl,bln, thn, jam)
- tempat terjadi bencana (prov,kab/kota, kec, desa)
- nama yang memberikan laporan dan nmr tlpn yang dapat dihubungi.

Setelah itu, masukanlah beberapa informasi mengenai keadaan umum diwilayah yg terkena bencana, seperti:
- Populasi didaerah / desa tersebut : menjelaskan jumlah penduduk (L/p, lansia, balita, ibu hamil, lansia). Info ini sangat diperlukan oleh tim untuk dapat menilai gambaran umum secara singkat.
- Dampak yang ditimbulkan oleh bencana: menjelaskan berapa jumlah korban (luka2, meninggal), jumlah rumah / insfrastruktur yang rusak, perkiraan kerugian harta benda, atau juga menuliskan korban hilang. Infrastruktur bagaimana, akses menuju kesana bisa ditembus atau tida, dll.
- Sarana dan prasarana yng masih berfungsi: menjelaskan kapasitas apasaja yang masih dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.
- Tindakan yang sedang/sudah dilaksanakan oleh masyarakat, LSM, aparat desa/pemerintahan setempat.
- Menuliskan kebutuhan yang paling mendesak bagi korban, yang sifatnya darurat.
- Memberikan informasi tentang tingkat keamanan dilokasi.
- Menuliskan contak person informan, kades, pemerintahan setempat yang dapat dihubungi dan di koordinasi.


Diharapkan bagi seluruh masyarakat, agar memberikan informasi ini secepat2nya maksimal 1x 24 jam setelah terjadi bencana informasi tersebut haruslah sudah didapatkan oleh pihak2 bersangkutan seperti SATLAK Penanganan Bencana, PMI, relawan2 dari instansi yang lainnya .
Simpanlah nomor2 penting, seperti nmr tlp PMI didaerahmu, PMK, Ambulance, Satlak PB, dll. Agar sewaktu waktu bisa cepat dihubungi dan diberikan informasi mengenai kejadian yang terjadi. Coz terkadang kita sebagai tim penolong sangat sulit sekali menerima info dari masyarakat secara langsung, selain itu format rapid assesmen diatas sangat berguna sekali untuk media cetak/elektronik ketika menyebarkan informasi kebutuhan yang diperlukan oleh korban agar orang lain bisa memilah dan menyeleksi serta mempersiapkan bantuan yang akan diberikan. semoga saja dihari kedepan jika terjadi bencana (mudah2an jangn terjadi) masyarakat bisa lebih cepat memberikan informasi dan lebih terampil dalam melakukan upaya kesiapsiagaan dan penanganan bencana.


Jangan lupa sebarkan informasi ini ke masyarakat yang ada didaerahmu yupz... he2

Semoga bermanfaat....
Thank....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut