Minggu, 13 September 2009

Para Pejuang Kemanusiaan,,,

Dalam kontek operasi tanggap darurat bencana, waktu maksimal pelayanan yang dilakukan PMI dalam kegiatan tanggap darurat bencana adalah selama 14 hari atau 2 minggu. Setelah itu, pelayanan yang diberikan sifatnya lebih ke tahap rehabilitasi dan pengembalian factor psikologis. Begitupun halnya dengan apa yang dilakukan Palang Merah Indonesia Cabang Kab. Bandung, saat ini dalam upaya penanganan bencana gempa bumi di wilayah kabupaten Bandung lebih memfokuskan bantuan untuk penataan hunian para pengungsi pasca gempa bumi serta pengembalian psikologis para korban.

Sampai saat ini, sebanyak 210 Family Tend telah didirikan oleh PMI Cabang Kab. Bandung di 10 titik pengungsian. Selain itu, PMI juga mendapatkan bantuan dari PNs untuk pembangunan rumah bamboo yang tahan gempa yang dibangun didesa Sukamanah Kec. Pangalengan dan Desa Jagabaya Kec.Cimaung.

Perjalanan kami masih panjang, mungkin satu atau dua bulan kedepan kami masih disini untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah korban yang mengalami kerusakan berat. Selain itu, kami juga mempunyai program untuk pengembalian factor psikologis korban yang masih mengalami stress ataupun trauma akibat musibah yang menimpanya..

Walau penat dan lelah mulai kami rasakan, namun kami akan terus bertahan, terus berjuang untuk saudara-saudara kami yang membutuhkannya. Kini, kami merasa lebih berguna dan berbangga saat kami mampu menutupi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan olehnya,, Akhirnya, rasa lelah dan penat kami seketika sirna saat kami melihat mereka tersenyum.... Senyuman tulus yang mereka berikan untuk kami, sungguh sangat menyejukan hati. Tersenyumlah saudaraku,,,, bangkitlah dari keterpurukanmu,,
dariku,,
Relawan Palang Merah Indonesia,,


Kartomi Galang Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut